Posted by : efen-fauzi Jumat, 15 Juli 2011

Nah ini dia.... inilah beberapa film kartun [anime] yang paling saya suka. Hmm.. bukan berarti sudah dewasa gak boleh menyukai kartun. tapi justru orang dewasa melihat kartun harus lebih mengerti pesan yang tersirat dalam kartun.
Film kartun yang saya suka adalah Spongebob. Coba aja lihat,tokoh dalam kartunnya cuma itu - itu saja. Ada Spongebob,Patrick,Squidward,Mr. Krabs,Sandy dan Plankton.

Spongebob ceritanya sederhana, lucu konyol dan kocak abies. Tapi didalamnya sebenarnya banyak terkandung makna tentang arti persahabatan dalam kehidupan. Yakni antara Spongebob dan Patrick. Spongebob adalah spon yang polos dan periang begitu juga Patrick adalah Bintang laut yang polos bodoh namun setia kawan. Seperti contoh ketika Patrick terjatuh dari jurang dan kepalanya diganti dengan brain coral sehingga membuat si Patrick menjadi jenius. Namun kejeniusannya tidak membuat dirinya menjadi puas ataupun bahagia,dia berkata 'pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan. Aku (Patrick) lebih suka jadi idiot daripada kehilanganmu (Spongebob)'.

Nah begitulah,selain itu Spongebob juga pernah berkata waktu episode yg si spongebob nyari spatula baru, terus dia dapet spatula yg emas, tapi si spatula emasnya ga nurut sama si spongebob akhirnya dia kembali pakai spatula nya yg lama. trus si spongebob ngomong:'Ternyata semua yg berkilau itu belum tentu emas' (Sumber)

'Upin dan Ipin'

Dosen saya yang sekaligus Romo,pernah studi pembelajaran tentang film kartun ini terhadap dampak sosial di masyarakat. Ternyata, sebenarnya film ini diangkat dari kehidupan sosial budaya khususnya di Malaysia sana. Upin dan Ipin adalah tokoh utama dalam kartun,ibu mereka meninggal setelah melahirkan mereka berdua. Memang tidak ada penjelasan dalam cerita,namun tokoh Upin dan Ipin adalah sosok anak kecil muslim yang sederhana yang belajar akan keyakinan/kebaikan dalam Islam yang kaffah. Ehsan adalah sosok dari keluarga berada,pintar,ketua kelas, suka menyendiri dan cerewat,namun dia setia pada Upin dan kawan-kawan dalam hal apapun. Mei-mei adalah keturunan Chinese namun dia selalu sopan dan menghormati teman-teman lain ketika berpuasa di sekolah Tadika. Jarjit Singh adalah keturunan India,meski masih kecil namun suaranya seolah besar layaknya orang dewasa. Jarjit pandai dalam berpantun, pantun 2 - 3 baris yang diawali kata Dua,Tiga. Ismail adalah anak yang rajin membantu ibunya,keliatan pelit dan suka pada uang. Namun dia tetap sahabat baik Upin dan kawan-kawan. Nah sebenarnya masih banyak lahi tokoh-tokoh yang penting dalam kartun ini. Coba baca blog ini dari mbak Thati_rivaan
Konon sebelum dibuatnya film Upin dan Ipin,tim kreatifnya studi kehidupan sosial budaya di malaysia. Katanya ,Malaysia yang mayoritas Muslim ini ada suatu tempat yang benar-benar memisahkan pergaulan muslim dengan non-muslim. Bahkan tempat makannya pun demikian,ada label halal dan tidak halal. Jadi non-muslim dan muslim benar-benar memisah satu sama lain. Dari situlah cerita upin dan ipin diangkat,dari kecil sebisanya kita untuk belajar memahami perbedaan. Bukan melihat perbedaan menjadi pembedaan. Itulah Inspirasi yang diberikan oleh dosen sekaligus Romo di kampus saya.

'NARUTO'
Sapa yang tidak tahu anime Naruto? tidak hanya menceritakan kekekuatan dan kehebatan jurus-jurus seperti anime jepang lain,jangan salah loh kalau film ini ada pesan yang bermutu. Pernah kebayang gak jika kamu terlahir cacat,tanpa orang tua dan tidak ada orang yang mengakuimu. Nah jika orang biasa mungkin akan selalu pesimis dan hidupnya dihantui oleh keputus asaan. Berbeda dengan Naruto,dia selalu berpikir positif dan optimis dalam hal apapun,tidak pernah menyerah dan tidak selalu ingin balas dendam akan perasaannya dulu ketika dikucilkan. Selain itu dalam anime naruto ini banyak kisah persahabatan dan setia kawan yang kuat anatara setiap ninja ataupun Shinobi. Setiap Desa ninja juga saling menghargai prinsip Shinobi lain. Nah,pas yang paling seru ketika Naruto berhasil mengalahkan pemimpin Akatsuki Pain(Nagato) hanya seorangdiri. Dan tentunya semua diakhiri bukan dengan cara saling memperlihatkan kekuatan,namun berunding antara 1 prinsip dengan yg lainnya. Karena tidaklah mudah,perbedaan bukan dijadikan sebagai alasan untuk saling bersaing namun berunding. Dan yang paling penting seperti dikatakan Jiraiya kepada Naruto,'Suatu saat nanti akan ada jaman dimana kita bisa saling mengerti satu sama lain tanpa saling menunjukan sapa yang terkuat diantara kita namun saling menghargai kekuatan dan prinsip masing-masing- 'The Tale of Gutsy Ninja'.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright ©
efen's blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -