Posted by : efen-fauzi Jumat, 15 Juli 2011

Modem GSM ataupun CDMA terkadang kesal juga kalau DC (diskonek)sendiri. Sebenarnya apa yang membuat modem melakukan kondisi demikian? Terinspirasi dari blognya mas Adit disini, kalau kondisi Dormant/IDLE terjadi ketika jaringan tidak memberikan paket data ke komputer, entah karena komputer masuk ke kondisi power saving ataupun lambatnya respon ACK webserver maupun gateway dari ISP modemmu.

Caranya sangat mudah untuk mengatasi hal ini, tinggal panggil program ping dengan cara Start --> Run --> ketik cmd lalu ENTER, terus ketik ping "namasitus" - t , lalu ENTER

Seperti contoh misalnya ping www.google.com -t
maka akan muncul kotak dialog seperti ini :
Nah,dari gambar yang menampilkan respon ping dari google selalu dijawab (reply) yang cepat. Itu tandanya koneksi kita berjalan dengan baik,namun ada kelemahan dalam opsi -t ketika ping sebuah situs. Keadaan ini dianggap sebagai flooding(membanjiri) situs tertentu dengan cara broadcast paket yang dikirim.


Sebenarnya ini adalah salah satu vulnerability dalam 3 way handshaking dijaringan,dimana kalau jika ada komputer yang meminta request,penerima wajib memberi respon walaupun respon nya berupa jawaban error. Nah kembali ke kasus ping tadi,opsi -t perintah selalu nge-ping sampai host/situs yang di-ping dalam keadaan mati. Jika yang di ping berupa server besar seperti google seh tak masalah. Tapi jika koneksi kita lemot dan tetap berusaha bertahan dari kondisi yang idle agak susah. 


Solusi lain adalah ping gateway dari koneksi modem yang terjadi dengan interval waktu. Tidak hanya gateway namun DNS1/DNS2 juga bisa di ping agar kondisi tidak IDLE. Pertama kali yang dilakukan adalah mengenali data-data IP setelah modem terkoneksi. Masuk ke CMD dengan cara Start --> Run --> ketik cmd lalu ENTER, kemudian ketik ipconfig /all dan carilah data spesifik tentang koneksi modemmu. Seperti modem saya,venus vt-80n seperti inilah data IP nya :
Nah sekarang tinggal ping IP gateway,DNS ataupun DNS2 -i , dengan opsi -i interval waktu dalam seconds. Jadi cara ini lebih efektif ketimbang menggunakan opsi -t karena sifat -t yang ping terus - menerus dianggap sebagai flooding bagi server maka beberapa server menutup port untuk ping.

Masih bingung dan belum jelas? baiklah coba download aplikasi kecil yang saya buat ini.

Pertama,seperti yang tadi dijelaskan masuk ke cmd dan ketik ipconfig /all dan temukan data IP koneksi modemmu
Kedua,masukan IP gateway(jika ada), DNS/DNS2 ataupun IP yang tertera dari data tadi

Ketiga,input nilai interval ping. Nilai interval ping memberikan jeda waktu bagi komputer untuk nge-ping ke gateway,misalnya 5 seconds
Nah,tinggalkan aja prosesnya. Lanjut aja browsingan dan download.... dengan ini saya yakin modemnya tidak akan disconect dengan sendirinya. NB : jika ingin mencoba beberapa software khusus untuk auto ping, searching digoogle dengan kata kunci "autoping"

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright ©
efen's blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -