Posted by : efen-fauzi Senin, 25 April 2011

Wahai para pembaca, mungkin yang menggunakan modem venus Vt-80n ?. Ketika pameran komputer bln February di JEC (Jogja Expo Center) lalu saya membeli dengan harga Rp 170 ribu. Nah termasuk paling murah diantara modem CDMA lain kan? Modem ini belum support EVDO masih CDMA 1x jadi belum bisa nyaingi 3G HSDPA GSM. Setelah itu saya coba menggunakan beberapa jasa provider seperti esia (AHA), starone, fren dan flexi. Jujur pengalaman saya sendiri(bukan untuk meracuni para pembaca) pakai AHA terlalu bergantung pada policy usage dan jaringan juga sering crowded. Maksud jaringan crowded adalah bar jaringan full tapi respon connectingnya lambat banget. Mungkin karena banyak yang memakai AHA ya :-) ?

Kedua pakai starone, ketika pakai CDMA indosat ini rasanya lumayan koneksi walaupun mesti sabar tapi stabil di 10 an kbps. Sayang ternyata starone sedikit curang. Semisal saya download file sebesar 100 mb an dan direct link pada waktu tertentu akan di disconect sendiri oleh provider. Hmmm...semoga Indosat mendapat balasan yang setimpal(hehehehe). Trus pakai fren, luar biasa sekali buka google lambatnyaa....Entah knpa mungkin juga sinyal ditempat saya sendiri kurang support sinyal fren. Nah terakhir dari flexi, produk dari telkom ini sempat saya ragukan berhubung sudah kecewa sama yang namanya telkomsel. Telkomsel terlalu curang buat pengguna,saya merasa jadi kacung memakai layanan ini(hehehe...). Pakai flexi juga sama seperti starone tapi setidaknya flexi gak mendisconect sendiri. (beda sama telkomsel). Tapi sayangnya kecepatan maksimal cuma 15 kbps-an.
Ide dan dari ide ini mulailah saya berkreasi mencoba dengan antena modem induksi, tapi samasekali gagal gak da ngaruh samasekali. Akhirnya saya menemukan ide kalau semua modem sebenarnya punya slot antena didalamnya. Cuma ada slot antena yang dikeluarin dan ada yang enggak. Nah mulai lah saya oprek modem saya, modem seharga 170 rb itu saya bongkar padahal baru dipakai 2 bulanan. Ketika dibongkar jadi seperti ini neh :


Kemudian saya menentukan letak lubang slot antenna nya, panaskan solder lalu lubangilah pas pada slot antenna yang bentuknya seperti lubang kecil tersebut. Pas setelah dilubangi kemudian tutup kembali cover depan untuk mengetahui seberapa pas lubang yang kamu buat. Oke jika udah pas segera pasang kembali bautnya. Dan relakan juga stiker garansi nya..hehehehehe

Naah Jika sudah selesai saatnya menghubungkan slot antena yang kita buat dengan modem. Modem bisa memakai tipe apa aja, yang omni, yang hyagi pun bisa asal sesuaikan dengan frekuensi dimana kartu dan modemmu berjalan. Semisalnya di 800 mhz maka belilah antenna yang 800 mhz. Eh tunggu dulu,sebelum beli antenna jangan lupa beli yang namanya pigtail antena namanya : Pigtail FME to BNC connector. 'Mahkluknya' kayak gene neh harganya sekitar 75 rebu:

Okeh terakhir menghubungkannya ke antena, banyak tutorial untuk membuat antena di google salah satunya di oprekzone. Sementara itu jadi saya menggunakan antena omni magnetic (sistem kerjanya menggunakan kumparan). Alasan mengapa menggunakan antena omni karena antena omni mampu bekerja pada rentangan band tertentu(kumparan) sehingga panjang gelombang dari sekian mhz sampai rentang tertentu mampu ditangkap. Sedangkan hyagi sifatnya terpusat mengumpulkan sinyal pada 1 band semisalnya 800mhz maka cuma 800mhz yang mampu diterima. Si antena omni bendanya kayak gene :


Nah setelah dipasang, saya taruh antenna modemnya di luar kamar jendela kayak gambar diatas tuh.
Dan hasilnya benar - benar memuaskan, kini flexi saya keceptannya stabil 25-an kbps an. Dengan jarak BTS sekitar 8 km an dari rumah. Dan tentunya sinyalnya benar - benar stabil, dan capture gambar ini tidak bohong sengaja saya capture setelah pemakaian 174 jam atau dihitung dalam jumlah hari sekitar 8 hari-an.
Okeh ini hasil capture hasil dari saya :


Nah liat sudah sampai 6 GB an lebih saya mendowload file, kalah jauh dibandingkan usage policy si B***rie conectivity....

Ni noPe flexi saya :

Oyaa, NOte aja ya kalau membuat lubang slot antenna bisa diterapkan pada semua modem loh. Cek dulu ada slot antena external gak? kalau gak ada, SIAP aja buat bongkar modem-mu..hehehehe Tapi jangan dilakukan kalau gak punya jiwa opreker...So..All that you do Depend of You...wokeeee...!!!!

Oke sementara sekian dulu kreatifitas kita, jangan ragu tanyakan sesuatu jika mau mencoba proyek ini. Nanti saya lajutkan lagi dengan proyek lain yang MENARIK!!

{ 22 komentar... read them below or Comment }

  1. Nih dia yang aku cari, kebetulan aku juga pake modem ini, pake flexi juga, sinyalnya kadang bagus kadang enggak..thank artikelnya mas..

    BalasHapus
  2. Oke, terima kasih juga
    Artikel ini cma memberikan inspirasi kalau semua tipe modem bisa diberikan antena external untuk menguatkan sinyal. Contohnya modem venus-vt80 banyak orang yang mengira kalau modem murah yang kualitas nya murahan. Kalau saya sendiri dari segi fitur memang venus-vt80 tidak bisa digunakan untuk telpon. Hanya calling sebatas isi pulsa misalnya *555*kode voucher#(untuk starone). Sementara flexi untuk isi pulsa juga menggunakan calling *99*kode voucher# tidak bisa direspon. Nah sebagai referensi agar tidak menyalahkan provider gunakan kartu yang coverage sinyal ditempat kita memang memadai. Beginilah pengalaman saya sendiri...

    BalasHapus
  3. harga antenanya berapaan gan....?

    BalasHapus
  4. antenna harganya Rp 125 rbu...conector pigtailnya skitar 95 ribu gan.....

    BalasHapus
  5. panjang antenax itu berapa meter gan,, maklum rumah gue jauh dari bts ....

    BalasHapus
  6. neeh modem bisa nangkap evdo g..?

    BalasHapus
  7. panjang antena tempat sya cuma 5 meteran gan.. tapi ushakan benar2 tidak ada penghalang,dan jangan dipasang di pohon tinggi ... soal na mlah sinyalnya gak dapet...

    Modem nya blum bisa nangkap sinyal EVDO dri flexi. Kalu itu mah beli aja MOdem CDMA yang agak mahalan... dijamin beneran mangstap stabil koneksinya

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak gan atas ilmunya!!! kebetulan modem kita sama gan... ane juga punya modem gituan gan!!!

    BalasHapus
  9. mas bro ada nggak tempat bwt repair modem ane yg rada trouble...?? tlng ya bntuanx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu dit4 sya di jogja biasanya ke www.modemku.com sma www.jogjabolic.com langsung ketempatnya nanya2 oprek2 modem..... coba aja nanya2 aja langsung kesna... sapa tau dapet ilmu oprek2 yg lebih banyak..hehehe

      Hapus
  10. Saya juga pake modem jenis ini. Kalau untuk sinyal sih, lumayan stabil. Bisa dapet full. Tapi speednya itu lo yang minta ampun. Paling banter 12 kbps. Tapi seringnya cuma 1-5 kbps. Kalau memakai antena eksternal kayak gini, bisa nggak speednya diperbaiki sehingga lebih "sopan" lagi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. maklum bos... modem nya jg dah jadul bgt.... klu ke pameran komputer sudah jarang dijual... sya kira emng modemnya rada payah dikit.. modem yg ini uda rusak akibat sering oprek2..hehehhe

      Hapus
  11. bagus omni atau yagi gan?
    Kalau yagi dipasang tanpa mencari sinyal dari bts bisa gan?

    BalasHapus
  12. Tentu aja yagi yg paling efektif buat client... sisi pemancar tentu saja omni... tanya kenapa????

    klu saya analogikan dgn hal teknis sangat sederhana gini :
    antena yagi contohnya kyk antenna TV UHF/VHF, kalau siarannya TV kemrosok kan mesti muter2 antenanya diarah2in kan? Knpa? ada istilahnya "line of sight" , bahasa bodohnya si antenna punya 'mata'. Jadi kalau mau dapet sinyal mesti diarahin biar ngliat sinyal atau bts/pemancar... jadi ya mesti ngarah ke bts/pemancar, mentok diarahin gtou tar diliat pakek software khusus arah mana dapet sinyal yg pas. trus kalau omni? Omni lbh cocok buat pemancar karena ga punya 'mata' coverage nya berbentuk lingkaran,itulah sebabnya gain antenna omni mesti tinggi(dalam db) dibandingkan antenna yagi.

    Pembahasan dari blog ini sangat sederhana.. jika ingin teori yang teknis mungkin bisa baca ebook Antenna Theory and Design (2nd Edition) --> http://www.mediafire.com/?zjlzznzj0mm

    ane ga brani jelasin teknis banget, kalau mau inpoh lanjut tanya di http://www.wajanbolic.com/ , chat YM(moga yg lg OL teknisinya) .... :-)

    BalasHapus
  13. apa bisa konektornya bikin sendiri? saya sudah punya konektor pigtail tapi sepertinya gak sama model ujung yang nancep ke modemnya dengan punya mas. kalo boleh tau konektor yang nancep ke modem itu tipe apa?

    BalasHapus
  14. trim's tip bagus dah lama tak cari2

    BalasHapus
  15. antena nya yang berapa dB gan?

    BalasHapus
  16. Saya juga menggunakan antene portable 11 db + venus VT28, awalnya saya letakan antene dalam ruangan, karena signalnya tidak mengalami peningkatan, akhirnya saya taruh diatas atap rumah (terbuka). Alhasil signal meningkat secara drastis menjadi fullbar. Pertanyaan saya jika antene ditaruh diatas atap dan kena air hujan, apa ada pengaruhnya terhadap keawetan antena, maklum sekarang klagi musim hujan nih. Yang berikut signal memang fullbar tapi waktu donlot dengan IDM kecepatan hanya mentok di 15 Kbps, gak mau naik-naik, ada trik khusus kah supaya signal bisa seperti punya agan.Terima kasih

    BalasHapus
  17. colokan BNC female nya bisa buat ke antena tv outdoor/indoor gak mas ?

    BalasHapus
  18. asli bingung modem telkomsel flash cyborg E178 14mb gk da slot yg begituan gan.. mohon pencerahan nya gan... tq

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright ©
efen's blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -